SLKI - L.09072 Kesadaran Diri
Kesadaran diri adalah kemampuan seseorang untuk memahami dan merasakan dirinya sendiri, termasuk pengenalan terhadap keadaan fisik, emosi, dan pikiran yang sedang dialaminya. Kesadaran diri penting untuk kesehatan mental dan fisik seseorang, karena memungkinkan seseorang untuk memahami dan mengelola dirinya sendiri dengan lebih baik.
Sebagai perawat, penting untuk memahami konsep kesadaran diri dan cara untuk mengevaluasi tingkat kesadaran diri seseorang. Ada beberapa cara untuk mengevaluasi kesadaran diri, salah satunya adalah dengan menggunakan skala Glasgow Coma Scale (GCS).
Skala GCS adalah alat pengukuran yang paling umum digunakan untuk mengevaluasi kesadaran diri pasien, terutama pada pasien dengan cedera kepala. Skala ini mengukur tiga komponen utama dari kesadaran diri, yaitu respons motorik, respons verbal, dan respons mata.
Skala GCS memberikan skor antara 3 dan 15, dengan skor 3 menunjukkan kondisi kesadaran diri yang sangat rendah dan skor 15 menunjukkan kondisi kesadaran diri yang normal. Skor 8 atau kurang menunjukkan bahwa pasien membutuhkan perawatan segera.
Selain menggunakan skala GCS, perawat juga dapat mengevaluasi kesadaran diri pasien dengan mengamati tanda-tanda fisik dan perilaku, seperti kemampuan untuk mengikuti instruksi, respons terhadap rangsangan, dan kecenderungan untuk melakukan tindakan impulsif atau tidak teratur.
Perawat dapat memberikan intervensi untuk meningkatkan kesadaran diri pasien dengan memberikan dukungan dan pengarahan yang tepat. Dalam beberapa kasus, pasien mungkin membutuhkan terapi atau konseling untuk membantu mereka mengatasi masalah kesadaran diri yang lebih serius.
Dalam mengembangkan perawatan untuk pasien dengan masalah kesadaran diri, perawat harus mempertimbangkan faktor-faktor seperti latar belakang pasien, kondisi fisik dan emosional, serta faktor lingkungan yang memengaruhi pasien. Dengan memahami kesadaran diri pasien dengan baik, perawat dapat membantu pasien mencapai kesehatan fisik dan mental yang optimal.
Definisi
Kemampuan menilai kekuatan, kelemahan, pikiran, sikap, kepercayaan, emosi, motivasi seseorang berkaitan dengan diri, lingkungan dan orang lain
Ekspektasi
Meningkat
Kriteria Hasil
| No | Kriteria Hasil | Menurun | Cukup Menurun | Sedang | Cukup Meningkat | Meningkat |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Mengakui kemampuan fisik | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 2 | Mengakui kemampuan mental | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 3 | Mengakui kemampuan emosional | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 4 | Mengenali keterbatasan fisik | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 5 | Mengenali keterbatasan mental | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 6 | Mengenali keterbatasan emosi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 7 | Mengenali pola kebiasaan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 8 | Mengenali nilai-nilai pribadi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 9 | Mengenali respon subjektif orang lain | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 10 | Mengenali respon subjektif terhadap situasi | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 11 | Mempertahankan kesadaran berfikir | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 12 | Mempertahankan kesadaran terhadap perasaan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 13 | Verbalisasi perasaan pada orang lain | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 14 | Interaksi dengan orang lain | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 15 | Verbalisasi kebutuhan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 16 | Menerima perasaan sendiri | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 17 | Menerima perilaku sendiri | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 18 | Membedakan diri dari orang lain | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 19 | Membedakan diri dari lingkungan | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Referensi dan Sumber Bacaan:
- PPNI (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia.

Tidak ada komentar: