SLKI - L.13118 Komunikasi Verbal
Komunikasi verbal merupakan salah satu bentuk komunikasi yang penting dalam praktek keperawatan. Komunikasi verbal melibatkan penggunaan kata-kata lisan atau tulisan untuk menyampaikan pesan atau informasi dari satu orang ke orang lainnya. Komunikasi verbal yang efektif dan tepat sangat penting dalam memastikan perawatan yang berkualitas dan aman bagi pasien.
Pentingnya komunikasi verbal dalam praktek keperawatan terletak pada kemampuannya untuk menghasilkan informasi yang akurat dan relevan. Selain itu, komunikasi verbal juga dapat membantu meningkatkan keterlibatan pasien dalam perawatan mereka dan mempromosikan hubungan yang positif antara perawat dan pasien.
Beberapa keterampilan yang dibutuhkan dalam komunikasi verbal yang efektif di antaranya adalah kemampuan untuk mendengarkan dengan baik, memahami dan merespons dengan tepat terhadap pesan yang diterima, serta mampu menghindari kesalahpahaman atau interpretasi yang salah.
Selain itu, penting juga untuk memperhatikan bahasa tubuh dan ekspresi wajah ketika berkomunikasi secara verbal. Bahasa tubuh yang baik dapat membantu memperjelas pesan yang disampaikan dan mempromosikan hubungan yang lebih positif dengan pasien.
Dalam praktek keperawatan, komunikasi verbal juga dapat dilakukan melalui alat bantu seperti telepon atau video call. Penting untuk memastikan bahwa pesan yang disampaikan melalui alat bantu ini jelas dan mudah dipahami oleh pasien.
Dalam rangka meningkatkan komunikasi verbal yang efektif, perawat dapat melakukan pelatihan dan pelatihan keterampilan komunikasi secara teratur. Selain itu, perawat juga dapat meningkatkan penggunaan teknologi yang dapat membantu meningkatkan efektivitas dan efisiensi komunikasi verbal dalam praktek keperawatan.
Definisi
Kemampuan menerima, memproses, mengirim, dan/ atau menggunakan sistem symbol
Ekspektasi
Meningkat
Kriteria Hasil
Skor : Menurun 1, Cukup Menurun 2, Sedang 3, Cukup Meningkat 4, Meningkat 5| No | Kriteria Hasil | Menurun | Cukup Menurun | Sedang | Cukup Meningkat | Meningkat |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Kemampuan bicara | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 2 | Kemampuan mendengar | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 3 | Kesesuaian ekspresi wajah/tubuh | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 4 | Kontak mata | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Skor : Meningkat 1, Cukup Meningkat 2, Sedang 3, Cukup Menurun 4, Menurun 5
| No | Kriteria Hasil | Meningkat | Cukup Meningkat | Sedang | Cukup Menurun | Menurun |
|---|---|---|---|---|---|---|
| 1 | Afasia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 2 | Disfasia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 3 | Apraksia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 4 | Disleksia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 5 | Diartria | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 6 | Afonia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 7 | Dislalia | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 8 | Pelo | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
| 9 | Gagap | 1 | 2 | 3 | 4 | 5 |
Skor : Memburuk 1, Cukup Memburuk 2, Sedang 3, Cukup Membaik 4, Membaik 5
- Respon perilaku (........)
- Pemahaman komunikasi (........)
Referensi dan Sumber Bacaan:
- PPNI (2019). Standar Luaran Keperawatan Indonesia.

Tidak ada komentar: